BBI Distribusikan Logistik Untuk Korban Banjir Bandang dan Longsor

  • 15 January 20, 10:58
  • Admin BBI

Banten- Senin (13/01) Setelah lebih dari seminggu pasca banjir bandang dan longsor, relawan BBI bersama tim Relindo mengunjungi dan menyaksikan salah satu desa yang terkena dampak parah. Saat dalam perjalanan menuju ke desa tersebut, tim sempat berhenti di samping sungai besar Ciberang, sungai yang meluap dan permukaan airnya naik ke perkampungan warga, meski sudah terlihat surut namun sisa sisa dampak banjir bandang masih terlihat, dari kejauhan tampak sebuah jembatan yang putus dan warga tetap melewati jembatan tersebut untuk menyebrang ke sisi kampung lain.

Rumah warga yang berada di sisi sungai masih nampak bekas endapan lumpur menutupi dinding setinggi hampir setengah rumah, dan sebuah pohon kelapa yang setengah batangnya disangkuti sampah-sampah plastik dan ranting pohon. ini menggambarkan betapa dahsyatnya air yang meluap dari sungai Ciberang dan mengakibatkan banjir besar yang tak disangka sangka oleh warga.

Melanjutkan perjalanan, tim menuju kampung Cigobang Desa Banjarsari Kecamatan Lebak Gedong, Banten yang sempat terisolir karena putus akses jalannya disebabkan longsor. Saat tim melintas terlihat beberapa eskavator sedang membuka jalan dari tumpukan tanah yang menghadang jalan. Mobil pembawa bantuan logistik tidak bisa melanjutkan perjalanan dikarenakan akses jalan masih tertutupi tanah dan lumpur dan jalan menjadi licin. Sehingga tim melanjutkan dengan jalan kaki dengan membawa bantuan logistik. Akses ke Desa Cigobang dihubungkan dengan 1 jembatan. Dari pantauan yang terlihat, salah satu pondasi jembatan bergeser dan tiang listrik juga bergeser dan jatuh ke tengah-tengah sungai.

Sesampainya di tempat, tim sudah disambut beberapa warga yang memang stay di posko. Dari penjelasan warga, Desa Cigobang kini dalam keadaan sepi karena sebagian besar warga pergi mengungsi meningalkan rumah rumah mereka dan hanya ada beberapa warga saja yang tinggal. Dampak banjir dan longsor kemarin mengakibatkan 6 warga meninggal, selain itu juga meninggalkan trauma mendalam karena puluhan rumah warga terlihat dalam keadaaan rusak dan hampir roboh.

Terakhir, bantuan barang dan logistik diserahkan ke beberapa warga. Semoga menjadi peringan duka dan membantu keperluan warga. Terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh Bapak Ibu donatur serta seluruh mitra yang bersinergi. Semoga Allah mencatat sebagai pemberat timbangan amal kebaikan kita di akhirat kelak. Aamiin

Kirim Komentar